TENTANG KPMB SAMARINDA

TENTANG KPMB



KPMB  (Keluarga Pelajar Mahasiswa Balikpapan) adalah suatu organisasi yang berazaskan kekeluargaan yang dijiwai oleh Pancasila dan UUD 1945. Keluarga Pelajar Mahasiswa Balikpapan (KPMB) merupakan suatu wadah organisasi yang didalamnya terdapat mahasiswa asal kota Balikpapan yang memiliki tujuan sesuai dengan visi dan misi yang diharapkan mampu memberikan nilai positif bagi internal organisasi itu sendiri maupun ke masyarakat luas. Dengan adanya KPMB di beberapa kota yaitu Samarinda, Makasar, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang dan Jakarta diharapkan mampu mengembangkan potensi dari daerah sendiri dan dapat memperlihatkan identitas kota Balikpapan melalui kinerjanya.

KPMB Samarinda  yang berdiri sejak 29 Januari 1967 KPMB merupakan suatu wadah komunikasi antar pelajar dan mahasiswa Balikpapan yang berada di Samarinda untuk mempererat persaudaraan baik antar anggota maupun ke masyarakat dengan mengadakan kegiatan – kegiatan yang bertujuan untuk mewujudkan visi dan misi organisasi sehingga dapat mengembangkan potensi anggota serta potensi daerah yang berpengaruh pada masyarakat sekitar daerah Samarinda.

Maksud dari organisasi ini adalah untuk menggalang persatuan dan persaudaraan antar pelajar dan mahasiswa/I Balikpapan yang berada di Samarinda tanpa membedakan golongan, agama serta mempunyai arti dan tanggung jawab terhadap masyarakat dan negara. Sedangkan tujuannya adalah untuk menghimpun dan mempersatukan seluruh pelajar dan mahasiswa/I Balikpapan di Samarinda dalam bidang pendidikan, kesejahteraan dan kebudayaan.


Di KPMB terdapat 2 biro dan 6 departemen

1.      Biro Kesekretariatan
Biro ini memiliki tujuan untuk dapat mengurus keperluan Sekretariat KPMB seperti perawatan inventaris dan gedung sekretariat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya oleh pengurus maupun anggota KPMB dalam menjalankan program kerja. Biro Kesekretariatan memiliki dua divisi yaitu divisi inventaris dan divisi Kebersihan, Ketertiban dan Keamanan. Dibentuknya divisi ini agar anggota Biro lebih fokus melaksanakan program kerja dimasing-masing divisi.

 2.      Biro Usaha dan Dana
Biro ini dibentuk sebagai suatu wadah peningkatan usaha dan minat kewirausahaan dalam organisasi KPMB sehingga dapat mengembangkan sektor ekonomi organisasi serta sebagai gambaran implementasi kewirausahaan yang dapat dilakukan dalam organisasi KPMB yang telah dijalankan oleh anggota yang terlibat.

 3.      Departemen Minat dan Bakat
Departemen ini merupakan departemen yang menjadi sebuah media/wadah untuk mahasiswa asal Balikpapan dalam mengembangkan dan memberdayakan potensi yang ada pada dirinya, serta senantiasa aktif mengajak untuk terus berkembang dan berkreasi melalui kegiatan-kegiatan kesenian, olahraga dan rekreasi (non akademik)

 4.      Departemen Komunikasi dan Informasi
Departemen ini dimaksudkan sebagai media informasi dan komunikasi KPMB baik internal maupun eksternal KPMB, baik itu dalam bentuk menjalin dan menjaga hubungan antar Mahasiswa Balikpapan di Samarinda & KPMB se-Indonesia, memberikan informasi seputar KPMB Samarinda, pengarsipan dokumentasi dan pengelolahan database KPMB Samarinda.

 5.      Hubungan Masyarakat
Departemen dibentuk untuk menjalin silaturahmi KPMB Samarinda terhadap sesama forum kedaerahan yang berada di Samarinda, pemerintah Kota Balikpapan, tokoh masyarakat dan masyarakat luas melalui media atau pers.

 6.      Departemen Kajian Advokasi & Strategi
Pada Departemen ini baik pengurus maupun anggota diajak untuk berperan aktif dalam mengumpulkan, menganalisa, serta mencari solusi terhadap suatu permasalahan yang ada di Kaltim khususnya Balikpapan sebagai kota asal mahasiswa dan Samarinda sebagai kota perantauan dalam menempuh pendidikan khususnya dunia kampus maupun tempat lain, yang mencakup bidang KPMB sendiri atau hal-hal yang berkaitan dengan pemerintahan, akademik, serta isu-isu terbaru yang dapat diangkat dalam suatu pembahasan/diskusi.

7.      Departemen Kerohanian & Sosial Masyarakat
Departemen ini merupakan departemen yang memiliki tujuan untuk meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar terciptanya budi pekerti yang luhur dengan prinsip kebersamaan dan rasa kekeluargaan. Kemudian Membangun tali silaturahmi sesama anggota KPMB serta masyarakat, serta membentuk jiwa kepedulian sosial yang tinggi sehingga dapat memberikan manfaat terhadap lingkungan sekitar dan masyarakat secara luas.

 8.      Departemen Kaderisasi
Departemen ini memiliki tujuan untuk mencari, menarik dan mengkader mahasiswa asal Balikpapan yang berkuliah di Samarinda untuk menjadi pengurus dari KPMB serta memberikan pembelajaran secara bertahap dan terus menerus, sehingga terciptanya kader KPMB yang memiliki jiwa kepemimpinan, loyal, kompak, berwawasan, serta memiliki kemampuan yang baik dalam berorganisasi.





Sejarah kepengurusan

KPMB terbentuk sejak tanggal 29 Januari 1967 di Samarinda dengan nama kepengurusan sebagai berikut :

1.      Legiman                                              (1967-1969)
2.      Asrarudin                                            (1969-1972)
3.      Abdul Said                                          (1972-1974)
4.      Legiman                                              (1974-1980)
5.      Irianto Lambrie                                   (1980-1982)
6.      M. Abduh                                           (1982-1984)
7.      Rosjani Noor                                       (1984-1999)
8.      Suparmin                                             (1999-2000)
9.      Teguh Bowo                                       (2000-2006)
10.  Dian Saputra                                       (2006-2008)
11.  Wawan Ramadhani                             (2008)
12.  Alvyanda Susandi                               (2008-2009)
13.  Dwi Riezkyan .N.                               (2009-2010)
14.  Akhirudin                                            (2010-2011)
15.  Catur Julianto                                      (2011-2012)
16.  Wisnu Haryo S                                   (2012-2013)
17.  Didik Aziza Ourba                              (2013-2013)
18.  Hanif Heru Prabowo                           (2014-2015)
19.  Bany Syukron M                                 (2015-2016)
20.  Raden Teguh P.P                                (2016-2018)
21.  Raden M Fauzan H. S                         (2018-2019)
22.  Gabriel Denny Lambe                        (2019-2020)

Postingan Populer